Pasar merupakan tempat interaksi antara penjual dan pembeli untuk
melakukan proses jual beli. Sedangkan struktur pasar dapat diartikan sebagai
penggolongan produse kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri
seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri,
mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam
kegiatan industri.
Struktur pasar dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu :
Pasar
persaingan sempurna
Contoh pasar
persaingan sempurna adalah pasar tradisional, dalam hal ini kita dapat melihat
dalam pasar persaingan sempurna jumlah penjual dan pembelinya banyak, dan juga
informasi mengenai harga dan kualitas suatu barang diketahui para konsumen.
Pasar
Monopoli
Berdasarkan kata
monopoli kita dapat menyimpulkan berarti hanya ada satu produsen yang menguasai
barang tersebut
Persaingan
Monopolistik
Ditandai dengan
banyaknya produsen dengan barang yang serupa tetapi memiliki beberapa perbedaan
contohnya dari segi kualitasnya
Pasar
Oligopoli
Pasar oligopoli
hanya ada sedikit perusahaan yang memproduksi hampir semua ouutput insdustri
Pasar
duopoli
Yaitu dimana
penawaran jenis barang dikuasai oleh 2 perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar