Pada saat ini banyak sekali tantangan pada berbagai bidang kehidupan
sehari-hari yang perlu ditangani menggunakan teknologi yang. Salah satu
contohnya adalah teknologi informasi. Perkembangan teknologi yang
semakin luas dapat mengatasi segala macam hambatan yang ada jika kita
benar dalam mengelolanya. Telematika merupakan contoh dari perkembangan
teknologi informasi yang ada. Tanpa pemahaman yang mencukupi maka akan
menyebabkan suatu ketergantungan terhadap pihak lain karena begitu
minimnya pemanfaatan teknologi informasi ini sebagai alat bantu dalam
memimpin sebuah bangsa.
Mengingat perkembangan Teknologi Telematika yang demikian pesat, maka
upaya pengembangan dan penguasaan Teknologi Telematika yang didasarkan
pada kebutuhan sendiri haruslah mendapat perhatian maupun prioritas yang
utama untuk dapat menjadi masyarakat yang lebih maju.
Telematika dapat berperan dalam langkah-langkah yang sedang, dan akan
dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Untuk
menghadapi tantangan – tantangan itu kita sebagai seorang yang peduli
dengan itu juga harus memahami berbagai dampak yang dapat dihasilkan
dari perkembangan Telematika. Pengaruh positif atau negatif yang bisa
muncul tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya.
Manfaat dari telematika:
1. Sebagai sarana penyebaran informasi yang sangat luas dan cepat
2. Penggunaan telematika sendiri diharapkan dapat mencerdaskan
masyarakat pada khususnya di daerah-daerah tertinggal sehingga dapat
membantu pemerataan pembangunan.
3. Dalam dunia usaha manfaat telematika dapat digunakan sebagai
sarana untuk mempromosikan sebuah produk dan mempermudah transaksi dalam
berbisnis dan juga meningkatkan pendapatan dan dapat meningkatkan
perekonomian.
4. Manusia sebagai mahluk sosial artinya manusia membutuhkan orang
lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi dalam
dan telematika juga mendukung hal tersebut pada akhir-akhir ini sangat
booming media jejaring sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, yahoo
messenger, dll sehingga kita dapat berkomunikasi kapan saja dan dengan
siapa saja dan tidak terhalang jarak dan waktu.
5. Mempermudah Pemerintah dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui e-goverment
Sumber: http://fahmifathullah.com/?p=37
Tidak ada komentar:
Posting Komentar