Senin, 10 November 2014

Manfaat telematika dalam Masyarakat

Pada saat ini banyak sekali tantangan pada berbagai bidang kehidupan sehari-hari yang perlu ditangani menggunakan teknologi yang. Salah satu contohnya adalah teknologi informasi. Perkembangan teknologi yang semakin luas dapat mengatasi segala macam hambatan yang ada jika kita benar dalam mengelolanya. Telematika merupakan contoh dari perkembangan teknologi informasi yang ada. Tanpa pemahaman yang mencukupi maka akan menyebabkan suatu ketergantungan terhadap pihak lain karena begitu minimnya pemanfaatan teknologi informasi ini sebagai alat bantu dalam memimpin sebuah bangsa.
Mengingat perkembangan Teknologi Telematika yang demikian pesat, maka upaya pengembangan dan penguasaan Teknologi Telematika yang didasarkan pada kebutuhan sendiri haruslah mendapat perhatian maupun prioritas yang utama untuk dapat menjadi masyarakat yang lebih maju.
Telematika dapat berperan dalam langkah-langkah yang sedang, dan akan dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Untuk menghadapi tantangan – tantangan itu kita sebagai seorang yang peduli dengan itu juga harus memahami berbagai dampak yang dapat dihasilkan dari perkembangan Telematika. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya.
Manfaat dari telematika:
1.    Sebagai sarana penyebaran informasi yang sangat luas dan cepat
2.    Penggunaan telematika sendiri diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat pada khususnya di daerah-daerah tertinggal sehingga dapat membantu pemerataan pembangunan.
3.    Dalam dunia usaha manfaat telematika dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah produk dan mempermudah transaksi dalam berbisnis dan juga meningkatkan pendapatan dan dapat meningkatkan perekonomian.
4.    Manusia sebagai mahluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi dalam dan telematika juga mendukung hal tersebut pada akhir-akhir ini sangat booming media jejaring sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, yahoo messenger, dll sehingga kita dapat berkomunikasi kapan saja dan dengan siapa saja dan tidak terhalang jarak dan waktu.
5.    Mempermudah Pemerintah dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui e-goverment

Sumber: http://fahmifathullah.com/?p=37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar