MANUSIA DAN KEINDAHAN
Apa itu manusia ?
Manusia yaitu makhluk
 ciptaan ALLAH swt yang paling sempurna dibandingkan dengan makhlik 
lainnya. Karena manusia mempunyai akal dan pikiran untuk berfikir secara
 logis dan dinamis, dan bisa membatasi diri dengan perbuatan yang tidak 
dilakukan, dan kita bisa memilih perbuatan mana yang baik (positif) atau
 buruk (negatif) buat diri kita sendiri. Bukan hanya itu saja pengertian
 manusia secara umum adalah manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk 
sosil. Karena bukan hanya diri sendiri saja 
tetapi manusia perlu bantuan dari orang lain. Maka sebab itu manusia 
adalah makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial.
Kehidupan
 manusia yang tidak dapat lepas dari orang lain, membuat orang harus 
memiliki aturan-aturan norma. Aturan-aturantersebut dibuat untuk 
menjadikan manusia menjadi lebih beradab. Menusia akan lebih menghargai 
nilai-nilai moral yang akan membawa mereka menjadi lebih baik. Selain
 aturan-aturan norma, manusia juga memerlukan pendidikan yang dapat 
digunakan sebagai sarana mencapai kemakmuran dan kenyamanan hidup. 
Pendidikan dapat menjadikan manusia seutuhnya. Dengan pendidikan, 
manusia dapat mengerti dan memahami makna hidup dan penerapannya. 
Melalui
 pendidikan kita harus mampu menciptakan manusia yang bersusila, karena 
hanya dengan pendidikan kita dapat memanusiakan manusia. Melalui 
pendidikan pula manusia dapat menjadi lebih baik daripada keadaan 
sebelumnya. Dengan pendidikan ini, manusia juga dapat melaksanakan 
dengan baik norma-norma yang ada dalam suatu masyarakat. Manusia akan 
mematuhi norma-norma yang ada dalam masyarakat jika diberikan pendidikan
 yang tepat. Dengan
 demikian, kelangsungan kehidupan masyarakat tersebut sangat tergantung 
pada tepat tidaknya suatu pendidikan mendidik seorang manusia mentaati 
norma, nilai dan kaidah masyarakat. Jika tidak maka manusia akan 
melakukan penyimpangan terhadap norma-norma yang telah disepakati 
bersama oleh masyarakat.
Apa itu keindahan ?
Keindahan yaitu Keindahan
 berasal dari kata indah yang berarti bagus, cantik, elok dan 
molek.Keindahan identik dengan kebenaran segala yang indah itu selalu 
mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung 
kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah. Keindahan yang 
bersipat universal, yaitu keindahan yang tak terikat oleh selera 
perorangan, waktu, tempat atau daerah tertentu. Ia bersipat menyeluruh 
Segala sesuatu yang yang mempunyai sipat indah antara lain segala hasil 
seni, pemandangan alam, manusia dengan segala anggota tubuhnya dan lain 
sebagainya. Dalam bahasa Latin, keindahan diterjemahkan dari kata “belum”Akar katanya adalam “benum” yang berarti kebaikan. Dalam bahasa Inggris menjadi kata “beatiful”, Prancis “beao” sedangkan Italy dan Spanyol”beloo”
 Dalam arti luas meliputi kindahan hasil seni, alam, moral dan 
intelektual. Dan dalam arti estetik mencangkup pengalaman estetik 
seseorang dalam hubunganya dengan hubunganya dengan segala sesuatu yang 
di serapnnya. Sedangkan dalam arti terbatas kindahan sangat berkaitan 
dengan keindahan bentuk dan warna
Berarti
 manusia dan keindahan sangat banyak kaitannya berarti Manusia menikmati
 keindahan berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman  
keindahan biasanya bersipat terlihat (visual) atau terdengar (auditory) 
walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut keindahan tersebut pada
 dasarnya adalah almiah. Alam itu ciptaan Tuhan. Alamiah itu adalah 
wajar tidak berlebihan dan tidak kurang. Orang menciptakan itu pada 
dasarnya mencontoh keindahan yang di anugrahkan Tuhan pada umatnya. 
Namun demikian orang yang mencontoh keindahan alam belum tentu 
menghasilkan keindahan. Konsep keindahan itu sendiri sangatlah abstrak 
ia identik dengan kebenaran. Batas keindahan akan behenti pada pada 
sesuatu yang indah dan bukan pada keindahan itu sendiri. Keindahan 
mempunyai daya tarik yang  selalu bertambah ,  sedangkan yang tidak ada 
unsur keindahanya tidak mempunyai daya tarik. Daya tidak pernah ada  dan
 tidak akan bertambah sipat indah itu adalah universal, tidak terkait 
dengan selera  seseorang waktu dan tempat dimanapun kapanpun mempunyai 
sipat yang sama dalam menghadapi sesuatu yang indah, yaitu sukap yang 
simpati dan empati
Bagong Kusudiarjo misalnya menciptakan berbagai kreasi tarian yang indah dan mengambarkan kehidupan nelayan, buruh pabrik hal ini menunjukan bahwa keindahan itu penting, tidak hanya di kota kota saja, yang menggemari tidak orang –orang kaya saja, namun semua berjuang demi sesuap nasipun merindukan keindahan dan di setiap sisi kehidupan ada keindahannya. dalam estetika modern orang lebih suka berbicara tentang seni dan estetika karena hal itu merupakan gejala konkret yang dapat di telaah dengan pengalaman secara empirik dan sistematis.
Orang yang mempunyai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi, rajin dan kreatif dalam menghubungkan benda satu dengan yang lainya. Dengan kata lain imajinasi merupakan proses menghubungkan suatu benda dengan benda lain sebagai objek imajinasi . Demikian pula kata indah diterapkan untuk persatuan orang-orang yang beriman, para nabi,orang yang menghargai kebenaran dalam agama, kata dan perbuatan serta orang –orang yang saleh merupakan persahabatan yang paling indah
Jadi keindahan mempunyai dimensi interaksi yang sangat luas baik hubungan manusia dengan benda, manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, dan bagi orang itu sendiri yang melakukan interaksi .
Bagong Kusudiarjo misalnya menciptakan berbagai kreasi tarian yang indah dan mengambarkan kehidupan nelayan, buruh pabrik hal ini menunjukan bahwa keindahan itu penting, tidak hanya di kota kota saja, yang menggemari tidak orang –orang kaya saja, namun semua berjuang demi sesuap nasipun merindukan keindahan dan di setiap sisi kehidupan ada keindahannya. dalam estetika modern orang lebih suka berbicara tentang seni dan estetika karena hal itu merupakan gejala konkret yang dapat di telaah dengan pengalaman secara empirik dan sistematis.
Orang yang mempunyai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi, rajin dan kreatif dalam menghubungkan benda satu dengan yang lainya. Dengan kata lain imajinasi merupakan proses menghubungkan suatu benda dengan benda lain sebagai objek imajinasi . Demikian pula kata indah diterapkan untuk persatuan orang-orang yang beriman, para nabi,orang yang menghargai kebenaran dalam agama, kata dan perbuatan serta orang –orang yang saleh merupakan persahabatan yang paling indah
Jadi keindahan mempunyai dimensi interaksi yang sangat luas baik hubungan manusia dengan benda, manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, dan bagi orang itu sendiri yang melakukan interaksi .
Keindahan sebagai suatu kualitas abstrak
Menurut
 cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualitas 
abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan 
itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” 
(keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah).
Dalam
 pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kadang dicampuradukkan
 saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian;
 yakni
a. keindahan dalam arti luas
b. keindahan dalam arti estetis murni
c. keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
a. keindahan dalam arti luas
b. keindahan dalam arti estetis murni
c. keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Keindahan
 alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang
 didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang 
watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan 
keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus 
menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu
 berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang
 indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis 
yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan 
harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian 
keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, 
keindahan moral dan keindahan intelektual.
Keindahan
 dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang 
dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang dicerapnya. Sedang 
keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya 
menyangkut benda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa 
keindahan dari bentuk dan warna.
Sumber  :
4.       Wikipedia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar